12 Okt 2009

SAAT BERMALAM DI TENDA MINA

Suasana terowongan MINA seperti ini ,,,saat memasuki terowongan ini,saya ,suami dan kedua anak saya memilih jalan disebelah pinggir lebih nyaman,,karena ditengah makin padat.

Tendanya ada juga yang berada di atas, seperti ini

 Suami dan Dimas anak saya


Pelajaran dan pengalaman yang dipetik dari sebuah perjalanan dan kejadian adalah bersabar menikmatinya dalam segala hal walaupun tidak berkenan dihati.

Saya sekeluarga bahkan semua keluarga pasti pernah merasakannya, meskipun cuma sepele atau terlalu berat yang dirasakan. Semuanya tergantung orang masing-masing bagaimana cara menanggulanginya.

Kebetulan saya dan keluarga merasakannya waktu melakukan ibadah haji pas bermalam di tenda mina. Ada aja kejadian yang saya lihat, ada yang lucu ,ada yanganeh, ada yang saling berantem karena salah paham, eh ada juga loh yang nangis ,ada yang repot kaya ada aja yang mau dikerjain gitu, bahkan ada aja yang tidur melulu kerjaannya.

Alhamdulillah saya suami dan anak2 diberikan kekuatan dan kesehatan dan kelancaran menjalankan semua ibadah haji termasuk di tenda mina dengan selamat.

Senangnya waktu ditenda mina tuh banyak temen juga banyak makanan minuman, ada pendinginnya [AC] ,ada kasur selimut serta dikasih kelengkapan mandi.

Tidak enaknya selalu antri kalau ke TOILET ,yach maklum orang sebanyak itu. Dari sekian banyak orang TOILET yang deket tenda saya tuh ada 7 TOILET

Kesabaran yang diuji kalau di tenda mina terasa sekali, betapa tidak kita bercampur baur dengan sekian banyak orang dan bermacam-macam sifat , karakternya .

Suka maupun duka yang dirasakan oleh semua orang kala bermalam di tenda mina.



50 komentar:

  • JT says:
    10/12/2009

    MAAF BUANGETS NIIII...
    emang bener y cerita yg sering didengar kalo di sana tu banyak kjadina ADA-ADA saja.

    kpn yaaa bisa meraskan terowongan mina... doain y..y...y qta brtemu di sana

  • muchlisin says:
    10/12/2009

    Kepingin haji... Ya Allah mudahkanlah jalanku ke sana

  • Seti@wan Dirgant@Ra says:
    10/12/2009

    Subhanallah,...
    Semoga saya bisa nyusul kesana.

    mbak,... ada Award buat mbak, dijemput yah.

  • BrenciA KerenS says:
    10/12/2009

    mbak...aku pengeenn haji juga. hiks.

  • Vicky Laurentina says:
    10/12/2009

    Terus, caranya supaya bisa sabar gimana, Mbak?

  • Ipin says:
    10/12/2009

    mbak kalo posting adain keyword AC terus yahh :)mbak yg berkunjung ke blog ku skrg dari google sudah mulai ada terus mbak tiap hari..kadang dari comment sobat ada aja yang langsung link ke http://perawatan-ac.blogspot.com ini berkat sraan dari mbak nura juga nih..coba dari dulu yahh..thanks mbak salam buat Abi nya.Jazakaullah

  • kuya_gani says:
    10/12/2009

    i have been in Jubail for 2 years (March 2003 to March 2005). How's Jubail now? I miss the place now.

  • Asep-bogor says:
    10/12/2009

    Waaaah, PR nya lumayan juga........ susah juga yaah ingin meningkatkan PR di google. udah di coba berbagai trik masih belum meningkat.
    ...............
    .................
    kapan yaah saya bisa naik haji?????

  • Asep-bogor says:
    10/12/2009

    Waah, PR lumayan juga, susahnya juga naikin PR di google..gimana sih caranya??
    selamat jalanin ibadah haji yah..insa alllah pengen nyusul kesana. kalau ada milik N nasib

  • Saung Web says:
    10/12/2009

    Mampir nih ..
    Sekarang jadi kayak gim,ana yah.. tempat jamarat itu.. dulu sih baru 2 tingkat...

  • Henny Y.Caprestya says:
    10/12/2009

    sabar ya mbak..jalani semuanya dengan ikhlas. :)

  • pengumpul blog says:
    10/12/2009

    banyak cerita aneh yang biasa kita dengar disana. tetapi kejadian begitu mungkin ujian dari Allah s.w.t.

  • Kurniawan.q says:
    10/13/2009

    Subhanallah,...
    Semoga saya bisa nyusul kesana.

  • Life is more meaningful to says:
    10/13/2009

    Subhanallah, ...
    Hopefully I can catch up there.

  • harto says:
    10/13/2009

    Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. (Khalifah 'Ali)

    “Hermes for Charity” Mari... kita beramal untuk korban gempa Sumbar...

  • namaku wendy says:
    10/13/2009

    namanya ibadah pasti full ujian yah mbak, termasuk ujian kesabaran yah mbak:)
    jadi ngebayangin kalo wen yg dsana hehehe

  • +akufobia+ says:
    10/13/2009

    aa.sabar.ujian je semua tu.kita memang berserah diri untuk diuji.

  • aryo halim says:
    10/13/2009

    ya klo banyak sukanya itu adalah berkah, klo banyak dukanya itu adalah ujian, gitu aja kali ya klo kita sedang berada di jalan yg benar

  • nada says:
    10/13/2009

    kalo malam dingin mana sama jakarta di mina

  • asep canda says:
    10/13/2009

    mbak nur disana panas ya mbak kelihatannya nggak ada pepohonan hehehheeheh

  • Toto says:
    10/13/2009

    Kapan yah bisa ke sampai ke Arab..??
    Makasih dah mampir mba...^^

  • NURA says:
    10/13/2009

    @JT
    @MUCHLISIN
    @SETIAWAN
    @BRENCHIA
    Saya ikut mendoakan semoga dikabulkan dan dimudahkan serta dilancarkan rizkinya,,agar secepatnya dapat beribadah haji.

    @VICKI
    CARAnya biar sabar ,,ya latihan sedikit demi sedikitlah,,mengalah, diam tak banyak bicara yang ngga baik.,,berusaha menerima keadaan apa adanya.
    begitu kira2,,,,

    @IPIN
    trims juga mas,,
    saya juga sekedar berbagi pengalaman saja.

    @KUYA_GANI
    DI ALJUBAIL.S.A,keadaan sekarang sudah ramai,,karena banyak orang yang berasal dari berbagai negara.,,jadi semakin padat.

    @ASEP BOGOR
    SAYA ikut mendoakan semoga cepat menyusul untuk beribadah haji.

    @SAUNG WEB
    tempat jamarat sudah ditambah lantai sampai 5,,tahun lalu masih dibangun,,semoga sekarang sudah bisa dipakai untuk jamaah lontar jamarat.

    @PENGUMPUL BLOG
    IYA semua itu ujian dari ALLAH SWT.

    @KURNIAWAN
    saya ikut mendoakan semoga cepat menyusul juga untuk beribadah haji.

    @HARTO
    trims pencerahannya
    @NAMAKU WENDI
    ya ngga ngebayangin,,nanti juga langsung merasakan dengan nyata kalau berada disana.
    @ARYO HALIM
    betul sobat,,semoga kita dijalan yang benar ,agar mendapatkan sukanya.

  • belajar blog says:
    10/13/2009

    suasana di tanah suci emang ramai yah mbak

  • Action Figure Toy says:
    10/13/2009

    enak yah bisa pergi haji bareng keluarga

  • berita unik says:
    10/13/2009

    alangkah indahnya tanah suci...^^

  • GeLZa says:
    10/13/2009

    keren....

  • aRi isTiadi says:
    10/13/2009

    wah jadi pingin nih naik haji

    tapi ongkosnya belum ada

    hehe

  • Ponco s. says:
    10/13/2009

    Menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Maaf nih mengganggu andaikan kak nura tau tau di mintai bantuan berupa uang untuk modal usaha misal, pada orang yang belum kak Nura, bagaimana jawaban kak Nura?

  • Aneka Tips says:
    10/14/2009

    Wah semakin ga kuat pengen kesana :D. O ya Kode tukar linknya tolong diganti ya, karena saya memindahkan hostingnya. Bisa diambil di http://www.anekatips.info/2009/10/tukar-link-otomatis.html

    Makasih..

  • matabulat (lat) says:
    10/14/2009

    slmt menunaikan haji utk kak nura skeluarga.......
    saya doakan akan mendapat haji yg mabrur..
    doa'² utk sy d sana............

  • Nia Shop - Online Store says:
    10/14/2009

    emmmm terasa seru ya suasana disana... :)

  • moenas says:
    10/14/2009

    waw,,,jadi pengen nih mudah2an bisa dipanggil ksana (amin)

  • rachmat says:
    10/14/2009

    wah enak yah udah pernah umroh, oiya sob, bacaan haji itu apa aja yah? lupa nih hehe

  • narti says:
    10/14/2009

    namanya ujian selama ibadah haji, dan syetan selalu menggodanya...
    syukurlah, mabrur ya mba...

  • alfi says:
    10/14/2009

    wah,,serunya dsna...

  • NURA says:
    10/14/2009

    @RACHMAT
    YA ,niat untuk umroh dan haji,,kemudian baca niat ketika akan memakai kain ihrom,,selanjutnya mengucapkan talbiyah dari miqot sampai ke Masjidil haram " labaik allahumalabaik,,labaikalasyarikalakalabaik, inalhamdan wani'matan laka wal mulk la syarikalak"
    begitu bacaan salah satunya sobat,,

  • bayunature says:
    10/14/2009

    kapan saya bisa kesana?..mungkin sekarang berlatih kesabaran dulu....

  • Tutorial desain grafis says:
    10/14/2009

    ow gitu... saya gak tw jadi cuma bisa mengucapkan selamat...

  • MasWienNews.Com says:
    10/14/2009

    Share yang bermanfaat sekali Bu... mudah2an sehat selalu.

  • Zico Alviandri says:
    10/14/2009

    Ya Allah... pengen ke sana suatu saat...

  • ianto says:
    10/14/2009

    kapan ya bisa menyusul ke Mina. terimakasih atas sharenya mbak.

  • I AM JUST A STUDENT says:
    10/14/2009

    subhanallahu......

    enak sekali yah bisa haji, aku mau :((

  • Zippy says:
    10/14/2009

    Wah...asal gak kebelet aja tuh...
    Kasian banget kalo ngantri pas lagi kebelet, xixixxixi....
    Mbak lagi naik haji apa umroh ni mbak..??
    OOT ni, non muslim soal'x :D

  • ipin says:
    10/14/2009

    wooo ww kerennnzzz... comment nya banyak nih..banyak teman banyak komentar asal yang positip yahh mabk..betul khan..udah malam tidur dulu deeeehhh

  • NURA says:
    10/15/2009

    @PONCO
    kalau misalnya saya dimintai uang untuk modal usaha sama orang yang belum,,apa nich,,maksudnya belum haji gitu,,,
    ya asalkan untuk modal usaha halal,dan orang yang minta uang benar2 miskin,,saya berusaha untuk memberinya,,,walau tak seberapa.
    tetapi kalau orang yg minta cukup hidupnya, saya akan memberi saran saja ,dengan uang yang dia miliki secukupnya bisa untuk modal usahanya.

  • Rihar Diana(dhana) says:
    10/15/2009

    ass..wr.wb
    kak Nura...pasti kalo bicarain Haji Dhana tak terasa netesin airmata..semoga Allah mendengar tangisku...ingat ar-radu 11..makasih ya kak...

  • NURA says:
    10/15/2009

    @ZIPPY
    alhamdulillah umroh dan haji sudah sobat...
    @IAM JUSTA STUDENT
    semoga dikabulkan oleh ALLAH SWT..kepinginansobat.
    @IANTO
    semoga cepat merasakan bermalam di tenda MINA,,sobat.

  • NURA says:
    10/15/2009

    @BAYU NATURE
    betul sobat,,sekarang berlatih kesabaran dahulu,,karena beribadah haji memerlukan kesabaran yang berlipat.

  • NURA says:
    10/15/2009

    @NIA SHOP
    Iya lebih seru lagi saat bertemu para TKW,,di tenda MINA,,,pada cerita kerjanya,majikannya dan gajinya.serta ongkos hajinya mereka.

  • NURA says:
    10/15/2009

    @MONEAS
    semoga dikabulkan oleh ALLAH SWT..sobat cepat bisa kesana ke Masjidlharam.
    @MATA BULAT
    saya ikut berdoa untuk sobat selalu,kalau saya UMROH.,,kalau ibadah HAJI ,,tahun kemarin 2008, jadi baru bisa HAJI lagi 2012.

Poskan Komentar

Terimakasih sahabat telah menuliskan komentar.